Ingin Menjadi Leader Di Usia Muda? Sifat-Sifat Inilah Yang Harus Kalian Miliki

Siapa sih yang tidak ingin mejadi leader dalam usia semuda mungkin? Banyak generasi  muda  yang tertarik untuk menjadi seorang leader. Namun untuk menjadi leader yang baik itu pun tidak semudah yang kita banyangkan. Ada hal-hal yang perlu kalian ketahui, dan pelajari sifat-sifat seorang leader yang baik itu seperti apa. Jangan pernah mencoba menaklukan dunia sebelum kalian membereskan hal-hal kecil didalam diri kalian.

Before you are a leader, success is all about growing yourself

1.Bersikaplah Konsisten

Bersikaplah konsisten (Sumber: marylandlearninglinks.org)

Anggota tim selalu frustasi pada pemimpin yang tidak mampu membuat keputusan. Jika kalian ingin menjadi leader bersikaplah konsisten terhadap apa yang kalian ucapkan. Jika misalkan kalian  mengatakan A hari ini, tetaplah menjadi A, jangan terlalu sering mengubah keputusan. Sebelum mengambil suatu keputusan hendaklah kalian pertimbangan matang-matang terlebih dahulu, apa dampak dan hasilnya dikemudian hari. Cobalah meminta saran dari anggota tim kalian, jangan mengambil keputusan secara sepihak. Saran dan  masukan dari anggota tim itu sangat membangun. Jangan menyampaikan suatu gagasan atau keputusan yang benar-benar belum matang. Gordon Bethuen memperoleh dukungan tim ketika memimpin Continental Airlines karena konsistensi komunikasinya. Anak buahnya yakin mereka bisa mengandalkan dirinya dan ucapannya.

2. Berkomunikasilah Dengan Jelas, Seorang Leader Harus Punya Kemampuan Komunikasi Yang Bagus

Berkomunikasilah dengan jelas (Sumber: community.mystar12.com)

Tim tidak akan dapat melaksankan rencana kamu jika mereka tidak tahu apa yang kamu inginkan. Jangan pernah coba-coba menyilaukan siapa pun dengan kecerdasan kalian. Jadilah seperti ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk. Jangan berbicara secara angkuh. Buatlah orang terkesan dengan kejujuran kalian. Menjadi seorang leader harus bisa membawa diri. Leader merupakan sosok panutan yang harus bisa menginspirasi sekaligus sebagai motor penggerak bagi para bawahannya. Tetapi perlu di ingat ya guys, komunikasi yang baik adalah komunikasi yang bersikap dua arah. Komunikasi tidak boleh bersifat top-down atau bergaya diktaktor. Leader terbaik akan mendengarkan, mengajak, dan mendorong partisipasi dari para anggota tim.

3. Jagalah Kesopanan, Bersikaplah Sopan Kepada Setiap Orang

Besikaplah sopan pada siapa pun (Sumber: i.huffpost.com)

Setiap orang layak diperlakukan santun, apa pun posisi orang itu dan bagaimana riwayat kalian dengannya. Dengan bersikap sopan terhadap orang lain, kalian telah membawa keselarasan bagi organisasi secara keseluruhan. Tidak peduli sesukses apa pun kalian, tidak peduli seberapa penting kalian atau berhasilnya kalian, kalian pasti membutuhkan orang lain. Kalian perlu menunjukkan bahwa kalian tidak mungkin menang tanpa bantuan mereka.

4. Jadilah Visioner

Jadilah visioner ya guys (Sumber: styleonpurpose.files.wordpress.com)

A leader is one who knows the way, goes the way and show the way

Leader harus memiliki jiwa visioner. Leader itu seperti arsitek. Harus bisa menciptkan gambaran-gambaran yang jelas dan detail serta terencana. Dahulukan visi. Mulailah dengan menuliskan deskripsi mendetail tentang visi kalian. Jika kalian sebagai leader menciptakan gambaran kabur,orang juga akan mengikuti jalan yang kabur. Ketidakjelasan akan menghalangi inisiatif, menghambat ketekunan, dan merusak proses pelaksanaan. Pengikut tidak akan mengeluarkan potensi terbaik mereka untuk sesuatu yang mereka tidak pahami. Orang – orang sering menyerah ditengah tujuan yang tidak mereka lihat. Tidak ada seorang pun yang akan termotivasi oleh sesuatu yang mereka kurang percayai. Untuk membimbing tindakan kita harus menyusun sebuah  rencana langkah demi langkah. Pernakah kalian mencoba memasang sebuah puzzle tanpa melihat gambar aslinya? Terasa sulit bukan memasang puzzle tanpa melihat gambar aslinya? Itulah yang terjadi jika kalian mencoba membangun tim tanpa mengetahui visi kalian apa.

5. Jadilah Seorang Pelatih, Jangan Menjadi Raja

Jadilah pelatih bukan raja (Sumber : changingthegameproject.com)

Seorang pelatih dapat menggali hal terbaik dari dalam diri orang lain. Bantulah mereka menggapai jauh dari yang ada didalam diri mereka untuk menemukan potensi mereka. Seorang raja hanya bisa memberikan perintah. Jangalah menjadi seorang raja. Janganlah biarkan orang berpendapat bahwa kalian selalu memilki jawaban terbaik. Hal ini hanya membuat orang lain semakin bergantung pada kalian. Ajukan pertanyaan. Bantulah mereka berpikir melalui seluruh rangkaian proses masalah mereka.

Jadi sudah siapkah kalian untuk menjadi seorang leader?

Sharing is caring!

Siti Karomah

Night owl person, penikmat kopi, pencinta buku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *