Ketika Bingung Menentukan Mimpi Dan Tujuan Hidup, Coba Tanyakan 8 Pertanyaan Ini Pada Dirimu

Usia 20 an memang  masa-masa paling tergalau. Masa yang paling kritis dalam hidup. Setelah lulus kuliah terkadang kita bingung mau ngapain, kita mau jadi apa ? Semua rasa berkecamuk. Mungkin kalian akan mulai mencari-cari jawabannya dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut kedalam diri sendiri. Berikut ini terdapat pertanyaan – pertanyaan yang dapat membantu kalian untuk menjawab agar tidak bingung dalam menentukan mimpi dan tujuan hidup.

1. Apa Bakat Saya Sebenarnya?

Coba pahami bakat kalian guys, mungkin kalian berbakat melukis (Sumber : unsplash.com)

Bakat merupakan kapasitas seseorang untuk menguasai suatu pengetahuan khusus (dengan latihan), ketrampilan atau serangkaian respon yang terorganisisir. Bakat dibagi menjadi 2 jenis yaitu, ciptaan manusia dan anugerah Tuhan. Dengan bakat ciptaan manusia kita harus berjuang sangat keras. Kita harus tekun berlatih untuk mengasah bakat tersebut. Dengan anugerah Tuhan, kita hanya perlu memolesnya sekali. ” Mana yang kalian akan lakukan? ” Berjuang mengembangkan keahlian yang tidak di anugerahkan pada kalian, atau menggunakan talenta yang sudah Tuhan berikan pada kalian. Kalian harus benar benar memahami apa bakat kalian sesungguhnya.

Berniat mencari nafkah adalah kesalahan terbesar dalam hidup. Lakukan yang menurutmu sesuai bakatmu dan jika kau melakukannya dengan baik, uang akan datang dengan sendirinya.

-Greer Garson

Kita terlahir untuk menunjukkan kebesaran Tuhan dalam diri kita. Dan saat kita membiarkan cahaya diri kita bersinar, kita tidak secara tidak sadar mengizinkan orang lain untuk berbuat serupa.

2. Apa Kelebihan Yang  Saya Milki?

Asahlah kelebihan kalian (Sumber : unsplash.com)

Ketika rasa senang dan keahlian bergabung, terciptalah mahakarya.

-John Ruskin

So, let’s back to square one. Coba renungkan sejenak, coba pikirkan kembali siapa diri kalian. Mengenal diri kalian sendiri adalah permulaan dari semua kemenangan hidup. Mengenal diri sendiri memang sangat penting namun terkadang juga sulit dilakukan, dan satu-satunya orang yang bisa mengenali diri kalian tentu hanya diri kalian sendiri. Coba kalian terlusuri lebih mendalam. Kelebihan yang ada di dalam diri coba kalian lebih explore dan asahlah kelebihan tersebut.

3. Apa Yang Saya Inginkan dan Perjuangkan Hal itu Seolah-Olah Hidup Ku Bergantung Padanya?

Coba renungkan impian kalian guys (Sumber : unsplash.com)

Manusia itu tidak malas. Mereka hanya memilki tujuan yang lemah yaitu, tujuan yang tidak menginspirasi mereka. 

-Anthony Robbins

Coba tanyakan kepada diri kalian sendiri apa yang sesungguhnya kalian inginkan, apa sesungguhnya mimpi kalian? Takkan ada waktu yang sempurna untuk mengejar mimpi, jadi lebih baik mulailah sekarang. Jika tidak, tahun berikutnya kalian hanya akan bertambah tua namun tidak selangkah lebih dekat dengan hal yang kalian impikan. Mimpilah yang membuat hidup menjadi benar benar hidup. “Mimpi harus dikejar atau harus kita tunggu?” Mimpi harus dikejar. Mimpi membuat hidup kita menjadi lebih terarah. Kita tidak boleh hidup hanya dengan mengikuti arus saja. Hanya ikan mati yang berenang mengikuti arus.

4. Apa Manfaat dari Impian Saya Sesungguhnya?

Dengan tujuan yang mulia, pasti Tuhan ikut membantu (Sumber : unsplash.com)

Apakah impian kalian bermanfaat untuk diri kalian sendiri dan apakah bermanfaat juga bagi orang lain? Coba kalian renungkan. Jika mimpi kita benar -benar dapat bermanfaat untuk orang lain Tuhan pasti akan lebih memudahkan kita untuk meraih mimpi-mimpi tersebut.

5. Apa Yang Seharusnya Saya Capai?

Tetapkan target (Sumber : unsplash.com)

Kunci meraih sukses adalah merencanakan. Merencanakanlah saat orang lain bersenang-senang. Coba tanyakanlah kedalam diri kalian apa target yang kalian inginkan sesungguhnya? Tetapkanlah target agar hidup kita menjadi lebih terarah.

6. Berapa Lama Waktu Saya Untuk Menjalankannya?

Mulailah secepatnya (Sumber : unsplash.com)

Rahasia untuk maju adalah memulai. Rahasia untuk memulai adalah memecahkan tugas rumit dan besar menjadi bagian kecil yang bisa diatur, kemudian melakukan bagian kecil pertama.

-Mark Twain

Kita harus menjalankan mimpi kita secepatnya. Kita harus segera mulai. Kerjakan apa yang bisa kita lakukan, lalu perbaiki sambil belajar.

7. Apa Batasan Saya Dalam Menjalankannya?

Buatlah kolaborasi bersama teman-teman kalian (Sumber : unsplash.com)

Orang berakal sehat menyesuaikan diri dengan dunia, orang tak berakal sehat gigih berusaha menyesuaikan dirinya. Oleh karena itu, seluruh kemajuan bergantung pada orang tak berakal sehat.

-George Bernard Shaw

Dalam setiap diri manusia pasti mempunyai kekurangan “no body is perfect”. Tetapi bagaimana cara kita mengatasi batasan atas  kekurangan  kita tersebut? Gunakan networking itu penting guys, manfaatkanlah networking yang kalian punya. Manusia diciptakan untuk saling melengkapi satu sama lain. Jika kita memiliki kekurangan dalam suatu hal kita bisa ajak teman -teman kita yang lain untuk kolaboarsi. Sekarang zaman sudah berubah guys, Sekarang sudah zaman kolaborasi antar disiplin ilmu. Semua persoalan besar yang dialami manusia, tidak bisa dipecahkan dalam satu disiplin ilmu saja. Pemecahan masalah harus multidisiplin.

8. Kapan Deadline Saya Untuk Mencapainya?

Tentukan deadline (Sumber : unsplash.com)

Nah deadline penting banget ini teman-teman. Deadline membuat kita menjadi lebih termotivasi. Tetapkan deadline kalian untuk mencapai apa yang kalian cita-citakan. Dengan adanya deadline biasanya membuat kita jadi semakin terpacu untuk menyelesaikan sesesutu yang belum selesai kita kerjakan.

Jawablah pertanyan-pertanyaan tersebut dengan lantang guys, agar impianmu lebih terarah. Create Your Destiny!

 

Sharing is caring!

Siti Karomah

Night owl person, penikmat kopi, pencinta buku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *