Merasa Frustasi Karena Sering Gagal? Lihatlah 3 Tokoh Ini Saat Bangkit Dari Kegagalan

Siapa bilang orang-orang hebat punya jalan kehidupan yang mulus? Banyak sekali kegagalan – kegagalan yang mereka telah hadapi. Kegagalan adalah harga yang harus dibayar utuk meraih kesuksesan.

If you’re not making mistakes, you’re not doing anything.

– John Wooden

Tiada orang yang sukses tanpa sebelumnya merasakan kegagalan. Jadikanlah kegagalan sebagai teman untuk berjuang serta belajarlah dari kegagalan tersebut. Selagi kita muda kita harus berjuang, pantang mundur. Hajar setiap kesempatan yang ada, jangan takut akan kegagalan. Setiap orang memang punya jatah gagal dan habisanklah jatah gagal kita selagi kita masih muda. Bila kita gagal ya coba lagi, jangan pantang menyerah. Tetapi sampai kapan? Ya sampai sukses.

Orang yang tidak memiliki impian berada dalam bahaya besar. Hidup mereka hanya mengalir begitu saja. Yang kita butuhkan adalah  visi  yang jelas yang begitu besarnya sampai bisa menjadi pendorong dalam menghadapi setiap kegagalan kegagalan yang pernah kita alami.

Saat terjadi kegagalan, rangkulah hal itu. Periksalah. Belajarlah darinya. Jika Anda melakukannya, Anda tidak akan mengulangi kesalahan yang sama, dan Anda akan menjadi kuat secara mental.

– Failing Forward 

Jika kalian sering mengalami kegagalan kalian tidak sendiri guys, orang-orang hebat juga pun pernah merasakan banyak kegagalan sebelum akhirnya mereka sekarang bisa berhasil.

Dibutuhkan 1.009 kali penolakan sebelum Kolonel Sanders berhasil menjual franchise KFC Pertamanya

Restoran KFC (Sumber : unsplash.com)

“The most certain way to succeed is always to try just one more time.”

― Thomas Edison

Jika Kolonel Sanders sudah  menyerah  ketika penolakan ke 1.008 kali nya mungkin saat ini kita tidak dapat merasakan nikmatnya menyantap ayam goreng KFC. Sebelum berjualan ayam goreng, Sanders pernah menjadi pemadam kebakaran, tukang tambal ban, sales asuransi, dan juga koki. Bahkan ia baru menemukan resep rahasia ayam goreng yang nikmat di usianya yang sudah berjalan setengah abad.

Setelah ditolak sebanyak 302 kali Walt Disney baru berhasil mendapatkan investor yang bersedia memberikan pinjaman untuk membangun bisnisnya

Hasil pantang menyerah Walt Disney membangun Disneyland (Sumber : unsplash.com)

Semua investor tidak percaya dengan mimpi Walt Disney untuk membangun Disneyland. Suatu tempat hiburan yang besar dan istimewa dan orang harus membayar tiket masuknya. Pada zaman itu hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak lumrah. Diperlukan kegigihan yang tinggi dan semangat pantang menyerah sampai dia berhasil mendapatkan investor.

Pernah di Tolak 12 Penerbit Buku, JK Rowling Akhirnya Menjadi Penulis Terkaya di Dunia

Setelah ditolak berulang kali oleh penerbit akhirnya JK Rowling berhasil (Sumber : unsplash.com)

Kekayaannya JK Rowling tidak didapat dengan mudah. Menjelang musim panas pada 2000, tiga buku pertama Harry Potter, yaitu Harry Potter and the Sorcerer’s Stone, Harry Potter the Chamber of Secrets, serta Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, selesai ditulis Rowling. Namun 12 penerbit menolak untuk menerbitkan karya perdana Rowling tersebut. Hingga akhirnya penerbit kecil Bloomsbury memberi kesempatan perempuan kelahiran 31 Juli 1965 ini untuk menerbitkan bukunya, meski dengan sedikit keuntungan. Yang terjadi berikutnya tentu sudah tercatat dalam sejarah.

Tugas kita bukanlah untuk berhasil tugas kita adalah untuk mencoba karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membanggun kesempatan untuk berhasil. Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal adalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat mendapatkan pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua.

-Buya Hamka

 

 

Sharing is caring!

Siti Karomah

Night owl person, penikmat kopi, pencinta buku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *